Profil YKMP

Saat ini, kemiskinan dan keterbelakangan mewarnai kehidupan masyarakat pedesaan di Indonesia. Penyebabnya bermacam-macam, ketidakmampuan mengelola sumberdaya atau tergerus dampak pembangunan. Kemiskinan tersebut dapat pula disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang tidak memihak, bahkan sebaliknya memojokkan masyarakat miskin. Kondisi yang sama juga terjadi di berbagai pelosok Provinsi Sumatera Selatan.
Yayasan Keluarga Mandiri Pedesaan (YKMP) yang berdiri 19 November 1992, hadir dengan misi memberi motivasi dan alternatif pemecahan bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat. YKMP juga mengemban misi membentuk masyarakat pedesaan yang mandiri dan manusiawi berdasarkan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat. YKMP memberi bantuan berupa pelatihan teknis-praktis bagi masyarakat di tingkat pelaksana lapangan dan pelatihan manajerial bagi mereka yang memiliki latar belakang sebagai pengelola KSM.

Visi Lembaga

Terwujudnya tatanan kehidupan keluarga dan masyarakat sejahtera, harmonis, dan manusiawi.

Misi Lembaga

Pemberdayaan masyarakat dengan memberikan pelayanan dan kegiatan-kegiatan dalam rangka mengatasi persoalan kemiskinan dan keterbelakangan yang dialami masyarakat pedesaan secara berkeadilan dan berkelanjutan.

Nilai-nilai Dasar

o Penerusan Manfaat dan Amanat
o Berkeadilan
o Kekeluargaan dan Kesetaraan
o Gender
o Keterbukaan
o Kerjasama
o Pertanggungjawaban
o Ramah lingkungan

Kegiatan Utama

a) Pendampingan dan Penguatan Organisasi Masyarakat

Pendekatan pendampingan merupakan strategi utama YKMP dalam proses pemberdayaan masyarakat pedesaan.
Dalam proses tersebut, para pen-damping menyatu dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari keluarga. Proses pendampingan memungkinkan YKMP dapat lebih mengenal kondisi masyarakat secara obyektif.
Prinsip saling percaya dan keterbukaan yang tumbuh melalui proses pendampingan sangat bermanfaat untuk membangun relasi sosial yang positif antar pendamping dan masyarakat desa. Sejauh ini YKMP memfokuskan program-program pendampingan masyarakat pada upaya membangun dan memperkuat organisasi-organisasi masyarakat di tingkat desa, baik sebagai media belajar bersama maupun sebagai pelaku utama pembangunan pedesaan.

b) Pendidikan dan Pelatihan

Pendidikan dan pelatihan yang dilakukan YKMP merupakan proses pembelajaran sekaligus ajang untuk membahas berbagai persoalan masyarakat dampingan. Ajang diklat tersebut mendapat respons yang baik dari masyarakat. Ini terbukti dari tingginya keterlibatan para anggota dan pengurus organisasi masyarakat mitra YKMP seperti Kader (organizer desa) dalam program forum itu.

YMKP memberikan berbagai pelatihan yang mencakup: pelatihan dasar kelompok swadaya, pelatihan manajemen pembukuan, pelatihan kepemimpinan, pelatihan bagi pelatih fasilitator di kalangan petani, pelatihan perencanaan dan pengelolaan program bagi masyarakat, pelatihan organisasi masyarakat, lokalatih penyadaran gender bagi masyarakat, pelatihan dan praktek pembuatan kompos, pelatihan pembuatan tungku hemat energi, dan pelatihan peternakan.

c) Pendampingan Advokatif dan Teknis

YKMP banyak memfasilitasi kajian-kajian kebijakan dan peraturan-peraturan daerah, khususnya yang terkait langsung dengan permasalahan dan kebutuhan masyarakat. Sementara bagi masyarakat pedesaan yang memiliki usaha di bidang pertanian, peternakan, perikanan, YKMP memberikan berbagai bantuan teknis. Yayasan memfasilitasi para petani untuk melibatkan diri dalam berbagai pelatihan, studi banding, maupun kerja magang yang diselenggarakan baik oleh YMKP sendiri maupun oleh lembaga swadaya mitra dan lingkungan pemerintahan setempat.
Umumnya, pelatihan yang diberikan mencakup pelatihan teknis pelayanan kesehatan hewan, pelatihan pembuatan kompos (pertanian berkelanjutan). Kegiatan pendukung lainnya adalah praktek dan pembuatan demplot, bimbingan dan konsultasi teknis dibidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Alamat Kita

Yayasan Keluarga Mandiri Pedesaan (YKMP)

Jl. Muhajirin II No. 101 RT 01 Ds. VII Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia, Kode Pos(30662)

Telp/fax: +62711-580403

Email: info_ykmp@yahoo.co.id

Website: http://www.ykmp.org

Tidak ada komentar: