Program Sistem peternakan berkelanjutan

Program Sistem Peternakan Berkelanjutan kerjasama YKMP dan Heifer International Indonesia yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, dengan lokasi Desa Ulak Segelung, Desa Lubuk Sakti (Ds.III Tanjung Buah) dan Desa Tanjung Seteko, dengan melibatkan secara langsung 3 (tiga) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yaitu KSM Payung Desa (18 orang/KK), KSM Tunas Harapan (20 orang/KK), dan KSM Sumber Jaya (24 orang/KK). Dari 62 orang anggota maka ada 50 orang keluarga anggota KSM sebagai penerima pertama yaitu 6 orang anggota KSM Payung Desa, 20 orang anggota KSM Tunas Harapan dan 24 orang anggota KSM Sumber Jaya.

Jenis ternak yang akan diberikan kepada 50 orang keluarga anggota KSM tersebut adalah tersebut yaitu Sapi (18 keluarga), kambing (26 keluarga), dan ayam (6 keluarga). Selain dari ternak juga akan diberikan pelatihan-pelatihan bagi keluarga/anggota KSM untuk pengembangan sumberdaya manusia/organisasi dan juga untuk meningkatkan ketrampilan dalam pengelolaan ternak dan pertanian.

Penerima ternak pertama dan selanjutnya akan memelihara ternaknya dengan baik dan setelah mereka memperoleh keuntungan maka mereka akan meneruskan/membagi keuntungan kepada keluarga/anggota KSM lainnya berupa induk ternak, ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan pengalamannya sebagaimana yang telah mereka terima sebelumnya. Untuk ternak sapi penerusan keuntungan diperkirakan baru terlaksana 2-3 tahun, kambing 1,5 –2 tahun dan ayam 1-2 tahun.

Program ini akan memberikan kesempatan kepada semua anggota keluarga dapat terlibat dalam hal pengelolaan ternak dan menikmati hasilnya secara adil. Ibu-ibu memiliki kesempatan untuk dapat terlibat dalam pertemuan atau pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Program. Anak laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk pendidikan-pendidikan dan masa depan yang lebih baik.

Tidak ada komentar: