Bupati Resmikan CTC di Kabupaten Ogan Ilir


Bupati Ogan Ilir, Ir Mawardi Yahya meresmikan Community Technologi Center (CTC) atau pusat pembelajaran masyarakat terhadap teknologi komunikasi dan informasi di Aula Yayasan Keluarga Mandiri Pedesaan (YKMP) di Inderalaya, Rabu (13/8). CTC ini sendiri diperuntukkan bagi para pekerja di sector pertanian, kaum nelayan, pengrajin, dan pekerja di sector informal lainnya.
Dalam sambutannya, Bupati Ogan Ilir mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi Kabupaten Ogan Ilir dengan adanya kepercayaan dari Microsoft Indonesia dan Formasi untuk menempatkan CTC satu-satunya di Propinsi Sumatera Selatan. “Ini artinya ada pandangan positif terhadap pembangunan Ogan Ilir yang baru berumur 3 tahun ini,” katanya lagi.
Sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Ogan Ilir terhadap keberadaan CTC ini, Ir Mawardi Yahya juga menyerahkan bantuan perangkat computer sebanyak 4 (empat) unit kepada masing-masing CTC yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, yakni CTC Inderalaya, CTC Tanjung Raja, CTC Tanjung Batu dan CTC Payaraman. “Pengadaan komputer ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah Ogan Ilir terhadap dunia teknologi informasi, terutama kepada kaum tani,” kata Mawardi lagi.
Sementara itu, menurut Direktur Yayasan Keluarga Mandiri Pedesaan (YKMP) Naziri Burhiah, keberadaan CTC di Kabupaten Ogan Ilir untuk memberikan peluang bagi para petani untuk mengikuti perkembangan yang ada di dunia informasi. “CTC ini difungsikan sebagai media belajar bagi masyarakat petani, karena petani dapat belajar komputer secara gratis. Ke depan, CTC ini juga dapat difungsikan sebagai media bisnis, karena petani juga diajari untuk menggunakan internet, sehingga mereka dapat mengikuti perkembangan harga komoditas pertanian yang diproduksinya,” kata Naziri lagi.
Targetnya nanti, terang Naziri, setiap bulan akan ada 24 orang yang lulus dalam pendidikan computer ini. “sehingga nanti, ketika program ini berakhir akan ada 434 orang para petani yang terlatih menggunakan perangkat lunak computer,” katanya lagi.
Di Kabupaten Ogan Ilir, pusat pembelajaran technologi dan informasi ini sendiri terdapat di empat Kecamatan yakni Kecamatan Inderalaya, Kecamatan Tanjung Raja, Kecamatan Tanjung Batu dan Kecamatan Payaraman. Keberadaan empat CTC di Kabupaten Ogan Ilir ini merupakan bentuk kerja sama antara Microsoft Indonesia dan Forum Gerakan Pengembangan Koperasi (FORMASI) dan tiga lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kabupaten Ogan Ilir,yakni Yayasan Keluarga Mandiri Pedesaan (YKMP), Yayasan Masyarakat Mitra Mandiri (YM3) dan Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Desa (Kemasda). cha

Tidak ada komentar: